Wednesday 11 July 2012

Ingin Menjadi Pendidik,Tidak Harus Jadi Guru!





Ingin Menjadi Pendidik,Tidak Harus Jadi Guru!

“Pendidik”,setiap mendengar kata-kata tersebut  pasti kita beranggapan bahwa seorang pendidik adalah seorang guru yang mengajar dikelas atau sekolahan. Pengertian Pendidik tak terbatas hanya pada sebutan Guru. Mari kita ubah anggapan tersebut .
Satu kata yang tepat untuk menyebut “Pendidik” adalah inspirator, setidaknya itu menurut saya. “Pendidik” adalah seseorang yang dapat menginspirasi saya, siapapun orangnya. Orang tua, saudara, teman, sahabat bahkan anak kecil, orang cacat atau pemulung sekalipun.  Orang tua, ayah dan ibu kita mereka adalah orang pertama yang mengajarkan kita berbagai hal bahkan sebelum kita dilahirkan ke dunia. Ketulusan, kesabaran dan rela berkorban mereka dalam membesarkan kita mulai dari kita belum bisa apa-apa sampai kita menjadi orang yang berharga. Teman atau sahabat, jangan anggap sepele dengan seseorang yang kalian sebut dengan teman atau sahabat. Ya walaupun kalian berpikir bahwa temen adalah musuh dalam pencapaian prestasi dalam studi. Tapi percayalah teman dan sahabat mampu menjadi pendidik dan menginspirasimu dalam berbagai hal dalam pencapaian nilai misalnya, tak mau bukan jika nilaimu lebih rendah dari temanmu. Tidak hanya itu bahkan teman atau sahabat mengajarkan kita tentang keberanian dan percaya diri. Saya mempunyai sahabat, ia selalu mengucapkan ”Belajar yaa...” setiap kali ketika mau berpisah untuk pulang ke rumah masing-masing dan ajaib dua kata dari sahabat saya itu mampu menginspirasi saya.Masih banyak lagi yang dapat menjadi pendidik bagi kita,secara tidak sadar pun kita bisa dapat pendidikan,misalnya saja dengan kita menonton televisi,kita tidak mengira bahwa apa yang telah kita tonton itu memberi pendidikan bagi kita,contohnya menonton acara Upin dan Upin,anggapan kita terhadap film tersebut pasti lucu,imut,dan menyenagkan.Tapi kalau dipahami secara mendalam film tersebut banyak memberi pendidikan yang sangat bagus untuk anak,dalam film tersebut mengangkat kehidupan di suatu kampung Malaysia,banyak hal yang diajarkan dalam film tersebut dari tata cara bergaul dengan teman,bersikap yang baik,sopan santun,beribadah yang benar,dan masih banyak yang lainya,sampai-sampai ada pendidikan untuk berwirausaha juga.Dari situ kita tahu bahwa yang telah menjadi pendidik adalah acara televisi yang kita tonton.Selain itu saat  di beri tugas dari guru kita waktu disekolah untuk mencari artikel di internet,kita dengan mudah langsung mendapatkan  artikel yang kita cari  hanya dengan mengetik di google,selain artikel dengan internet kita dapat menemukan materi yang mendukung kegiatan belajar kita,sehingga secara tidak langsung internet juga dapat menjadi pendidik,
Dari pernyataan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa menjadi pendidik tidak harus menjadi Guru,dengan kita memberi nasehat kepada teman saja kita sudah menjadi pendidik,selain itu pendidik itu tidak harus menyampaikan scara langsung tapi lewat media pun sudah bisa misalnya televisi dan lewat internet dengan blog.Jadi bagi semua yang berkeinginan menjadi pendidik tapi tidak bisa jadi guru jangan berkecil hati,masih banyak profesi lain selain guru yang dapat membuat kalian menjadi pendidik misalnya saja menjadi pembuat film animasi indonesia yang berisikan tentang pelajaran disekolah,kalau tidak bisa membuat filmnya kita bisa membuat komiknya,kalau itu terlalu sulit kita juga bisa menulis di blog,kalian cukup menulis apa yang telah anda dapat waktu disekolah misalnya disuruh membuat makalah,dari pada disimpan tidak dibaca mending di bagi-bagikan lewat blog,siapa tahu ada yang butuh referensi sesuai makalah yang anda buat,secara tidak langsung anda sudah mendidik orang lain.Mendidik tidak harus tentang pendidikan disekolah,pendidikan di luar sekolah pun juga bisa misalnya saja tentang kehidupan bermasyarakat,kebudayaan,adat isti adat,dan masih banyak yang lainya,dapat disesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki.Mari kita bagikan kemampuan yang kita miliki jangan pelit-pelit,nanti kuburanya menjadi sempit”kata pak Ustad”.Ayo teman-teman semua yang punya jiwa pendidik,mari kita didik generasi muda kita supaya membangakan Negara kita tercinta Indonesia,Amin.
 

Alexa rank