Thursday 24 October 2013

“BIORITY”,Solusi Untuk Mengatasi Bahaya Limbah Cair Rumah Tangga


Banyak yang tidak tahu, apabila membuang limbah rumah tangga secara sembarangan akan membahayakan diri kita sendiri,terutama limbah cair seperti detergen  . Kita ambil Contoh  di daerah  pemukiman yang dekat dengan sungai, pasti  masyrakat di tempat tersebut akan membuang limbah secara sembarangan ke sungai, tidak disadari bahwa mereka telah meracuni dirinya sendiri.
Perlu kita ketahui bahwa air limbah yang dibuang secara langsung ke sungai tanpa proses  pengolahan dapat membahayakan kehidupan biota di dalamnya dan penurunan kualitas air. Disadari atau tidak limbah detergen yang dihasilkan dari perumahan telah menimbulkan kerusakan yang tidak terlihat. Umumnya, air tercemar dapat terlihat dari fisiknya, yaitu semula jernih menjadi keruh atau kehitaman-hitaman bahkan sering menimbulkan bau tidak enak. Masyarakat umumnya tidak mengetahui dari efek bahaya dari detergen yang dibuang ke sungai. Kurangnya sosialisasi dari produsen dan pemerintah tentang bahaya dari sisa detergen ke lingkungan memperlihatkan ketidak pedulian pada masyarakat dan alam.  Sekali lagi kepentingan ekonomi dan keuntungan pribadi menjadi alasan pokok permasalahan tersebut (Fauzi,2013).
Dampak negatif dari pembangunan perumahan yang cepat adalah bahan-bahan limbah yang beragam, termasuk air limbah domestik yang dapat berpengaruh negatif bagi kualitas badan air yang berakibat pada terkontaminasinya air. Sebagaimana diketahui, kontaminasi air akibat aktivitas domestik masih relatif tinggi, sekitar 70-80% (Agenda 21, 1997; World Bank, 2003). Bila sumber air limbah teridentifikasi tidak memenuhi persyarata, air limbah perlu diolah terlebih dahulu sebelum dialirkan ke badan air. Teknologi pengolahan air limbah yang dipilih harus mampu meningkatkan kualitas air efluen secara kimiawi, fisik, dan bakterial. Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman menemukan sistem tangki septik yang di namai BIORITY.

       BIORITY, ini akan merubah air limbah dari rumah yang banyak mengandung bahan -bahan  bersifat berbahaya bagi tubuh menjadi air biasa yang tidak berbahaya, sehingga apabila sudah di alirkan ke sungai tidak menimbulkan bahaya.BIORITY sebuah tangki septik yang sangat bermanfaat ,selain itu juga sangat sesuai apabila digunakan didaerah perumahan, hotel, pusat perbelanjaaan, dll.
untuk lebih jelas tentang BIORITY bisa kunjungi link ini http://puskim.pu.go.id/produk-litbang/teknologi-terapan/biority

Daftar pustaka:

Fauzi,Akhmat.2013. Permasalahan Limbah Cair Rumah Tangga yang Tak Menentu. http://green.kompasiana.com/polusi/2013/05/26/permasalahan-limbah-cair-umah-tangga-yang-tak-menentu-563118.html.Di akses pada 23 Oktober 2013.

No comments :

 

Alexa rank