Thursday 20 June 2013

LAPORAN TUGAS UJIAN AKHIR SEMESTER “IRITABILITAS”(KOMPUTASI)



LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT ANIMASI
“IRITABILITAS”

A.  Scene 1 yaitu Home

1.    Insert 4 layer dengan menganti nama “layer 1” menjadi “background”, kemudian “layer 2’ diganti nama menjadi “tombol”, dan “layer 3” diganti namanya menjadi “ teks”, serta nama “layer 4” diganti menjadi “script”.
2.    Pada layer background, import gambar yang akan digunakan sebagai background ; klik menu file – import – import to stage. Kemudian sesuaikan ukuran gambar dengan menggunakan free transform tool.
3.    Pada layer tombol, membuat 3 tombol dengan tombol pertama sebagai “tombol SK & KD”, tombol kedua sebagai “tombol materi”, dan tombol ketiga sebagai “tombol evaluasi”.
4.    Caranya membuat tombol dengan mengaktifkan rectangle tool, ubah fill color menjadi hitam dan stroke color menjadi hijau, klik pada set corner radius kemudian isi pada corner radius 15, aktifkan properties panel kemudian pada stroke style pilih sesuai keinginan dan pada stroke height isi sesuai selera. Untuk variasi boneka dengan mengimport gambar icon home sesuai yang dikehendaki. Kemudian convert persegi panjang dan icon home menjadi tombol; klik kanan – convert to symbol – klik button – ubah nama menjadi “Home” – klik ok.
5.    Beri perlakuan pada tombol-tombol tersebut dengan doble klik tombol, maka akan masuk pada timeline “tombol”, kemudian klik kanan pada frame over – insert keyframe, pada frame down juga kemudian beri efek suara sesuai kehendak dengan cara klik menu file – import – import to library – drag suara di library ke tombol, dan insert keyframe pada frame hit.
6.    Layer Animasi :
Animasi Loading : Buat lingkaran menggunakan oval tool, kemudian buat lingkaran kecil-kecil sebanyak 6. Lalu seleksi,klik kanan convert to symbol dan pilih tipe movie clip beri nama (loading_mc). Lalu klik 2 kali, pada frame 1 ubah warna lingkaran kecil menjadi hijau. Lalu insert keyframe pada frame ke-2 ubah warna lingkaran 2 menjadi warna hijau sampai lingkaran terakhir. Untuk animasi baterai lakukan hal yang sama seperti Animasi loading diatas.
7.    Pada layer script stop script klik insert keyframe, aktifkan actions tulis script berikut stop();
8.    Pada layer script fullscreen :
fscommand("fullscreen", "true");
fscommand("allowscale", "false");
stop();
Klik frame 1 pada layer script fullscreen kemudian beri action stop

ini hasilnya bisa dilihat:
untuk download swf DISINI

UNTUK LANJUTAN CARA MEMBUAT, BISA DOWNLOAD DISINI

No comments :

 

Alexa rank