Wednesday 18 December 2013

Kenapa roti bisa Jamuran ?





Kalian pernah lihat roti  seperti pada gambar disamping ,kalau menurut kalian roti tersebut kenapa?,apakah anda tahu penyebabnya apa?. Kalau belum tahu dan ingin tahu saya kasih tahu.gimana baikkan gue..he..he..he..
Oke silahkan simak baik-baik penjelasan dibawah ini !.
Roti merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dengan penambahan  lain seperti gula, telur,dll.Roti yang terlalu lama disimpan di dalam ruangan , lama kelamaan akan tumbuh jamur, sehingga roti sudah layak makan. Seperti gambar di atas, terlihat roti yang tak layak makan, karena sudah banyak di tumbuhi jamur yang berwarna coklat kehitaman.. Menurut Orman Kermana(2006) menyatakan bahwa jika roti yang lembap disimpan di tempat yang hangat dan gelap,beberapa hari kemudian akan tampak jamur tumbuh di atasnya. Spora yang berkecambah pada permukaan roti akan membentuk massa yang bercabang, berwarna perak dengan hifa tidak bersekat. Dalam beberapa hari, miselium akan menutupi permukaan roti dan rizoidnya menembus ke dalam roti. Lihat gambar di bawah:

Rizoid menyekresikan enzim pencernaan yang bekerja menguraikan gula dan tepung yang berada dalam roti. Gula dan tepung tersebut kemudian diserap oleh rizoid je dalam hifa . Pada roti akan terjadi perubahan warna, bau, dan rasa yang ditimbulkan oleh jamur yang disebabkan terjadinya perubahan senyawa kimia hasil aktivitaas enzim. Pada roti akan tumbuh bulatan hitam yang disebut sporangium yang dapat menghasilkan sekitar 50.000 spora, sehinga terlihat jelas pada roti bintik-bintik.
Nah itu tadi penjelasan  kenapa roti bisa jamuran , intinya yang menyebakan roti jamuran adalah nutrisi yang dihasilkan dari gula dan tepung untuk pertumbuhan jamur.

No comments :

 

Alexa rank