Sunday 2 March 2014

Laporan Biokimia KARBOHIDRAT



A.      Latar Belakang
Karbohidrat merupakan senyawa karbon yang banyak dijumpai dialam terutama sebagai penyusun utama jaringan tumbuh-tumbuhan. Nama lain dari karbohidrat adalah sakarida. Senyawa karbohidrat adalah polihidroksi aldehida atau polihidroksi keton yang mengandung unsur-unsur karbon (c). hidrogen (H) ,dan oksigen (O) dengan rumus empiris total (CH2O)n. Karbohidrat yang paling sederhana adalah monosakarida ,diantaranya glukosa yang mempunyai rumus molekul C6H12O6.
karbohidrat yang tersusun dua sampai delapan satuan monosakarida dirujuk sebagai oligosakarida  jika  lebih dari delapan satuan monosakarida diperoleh dari hidrolisis, maka karbohidrat tersebut disebut polisakarida . Contoh polisakarida adalah pati yang dijumpai dalam gandum dan tepung jagung dan selulosa penyusun yang bersifat serat dari tumbuhan dan komponen utama  dari kapas.
Karena karbohidrat sangat beranekaragam sifatnya dan banyaknya proses hidrolisisnya, sehingga dengan praktikum ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui sifat-sifat kimianya dan proses hidrolisis.

B.      Tinjauan Pustaka
Molekul karbohidrat terdiri atas atom – atom karbon, hidrogen, dan oksigen. Jumlah atom hidrogen dan oksigen merupakan perbandingan 2:1 seperti pada mlekul air. (Poedjiadi,1994).
                                         Glukosa merupakan bentuk karbohidrat dalam makanan yang diserap dengan jumlah besar Kedalam darah serta  dikonversikan menjadi didalam hati dan semua jenis karbohidrat lainya dapat dibentuk didalam tubuh dari glukosa. (Murray,1997)
C.      Tujuan
1.       Mengetahui sifat-sifat kimia dari senyawa karbohidrat
2.       Mengetahui proses hidrolisis dari senyawa karbohidrat komplek menjadi senyawa yang lebih sederhana.


D.      Alat dan Bahan
1.       Alat
a.       Tabung reaksi
b.      Gelas ukur
c.        pipet
d.      Rak tabung reaksi
e.      Pembakar spirtus
f.        Penangas
g.       Korek Api

2.       Bahan
a.       Benedict
b.      Glukosa
c.       Laktosa
d.      Amilum
e.      Sukrosa
f.        Timol blue
g.       Hcl
h.      Na2CO3
i.         Iod
j.        Selliwanof
k.       Fruktosa
l.         Galaktosa


Sampai sini dulu ,tunggu terusanya menyusul...

No comments :

 

Alexa rank